Kesehatan Merupakan Hak Asasi Setiap Warga Negara:::::::: Pembangunan Yang Berkesinambungan dan Berpola Sehat Itu Perlu:::::::: Kontroversi seputar gizi buruk : Apakah Ketidakberhasilan Departemen Kesehatan?:::::::: Mencegah Komplikasi Paska Aborsi:::::::: Jaga Pola Makan Demi Kesehatan Mata:::::::: Karbonmonoksida Berpengaruh Terhadap Kesehatan Bayi Kita:::::::: Masih Banyak Obat Tradisional yang Mengandung Bahan Berbahaya:::::::: Antisipasi Perencanaan Tenaga Kesehatan Guna Mendukung Indonesia Sehat 2010:::::::: Peningkatan Akses Masyarakat Tethadap Layanan Kesehatan yang Berkualitas::::::::
Selamat Datang di Weblog Resmi Lembaga Kajian Pembangunan Kesehatan (LKPK) Indonesia. Temukan di Sini Artikel Kesehatan yang Anda Butuhkan :


Apa Saja 3 Postingan Terbaru Kami di Weblog Ini?
Renungan Hari Ini:

Cuci Tangan Cara Termudah Cegah Penyakit  

Cuci tangan pakai sabun yang dipraktikkan secara tepat dan benar merupakan cara termudah dan efektif untuk mencegah berjangkitnya penyakit seperti diare, tifus, dan bahkan flu burung.

"Selain itu, secara tidak langsung juga membantu upaya menurunkan angka kematian bayi dan balita akibat diare," kata Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur (Wagub) Paku Alam IX, Sabtu.

Dalam acara Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun di Stadion Mandala Krida Yogyakarta yang diikuti 600 siswa SD se-DIY, Sultan mengatakan, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program hidup bersih dan sehat.

"Perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat diharapkan dapat mendukung upaya mencapai program Indonesia Sehat 2010," katanya.

Ia menambahkan, dalam program Indonesia Sehat 2010 diharapkan sumber daya manusia di negara ini semakin tangguh, mandiri dan berkualitas yang dapat dihasilkan dari sikap proaktif masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan bersih.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DIY, dr Bondan Agus Suryanto mengatakan, kampanye cuci tangan yang dilaksanakan sekarang merupakan salah satu upaya mendukung program gerakan cuci tangan pakai sabun yang telah diluncurkan pada 2006.

Hasil yang diharapkan adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit menular serta meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mencuci tangan secara tepat dan benar.

"Cuci tangan pakai sabun merupakan cara mudah dan murah untuk membersihkan anggota tubuh dari kuman penyebab infeksi," katanya.
sumber : mediaindo.co.id